Type atau Huruf Sebagai Elemen Desain

Elemen terakhir yang kita bahas dalam suatu desain adalah type. Dengan memilih jenis huruf, ukuran, serta warna yang tepat, akan meningkatkan readability serta juga bisa membantu mengomunikasikan informasi menjadi lebih efektif kepada pengunjung situs.

Sesuai dengan bahasan kita mengenai web desain, maka istilah type mengacu kepada fonts atau jenis huruf yang kita pilih untuk menampilkan teks dalam desain web kita, serta bagaimana pula kita seharusnya menggunakannya.

Memilih jenis huruf yang tepat, akan membantu menyampaikan mood yang tepat ke target audience, bahkan banyak desainer yang memilih jenis huruf yang berbasis typefaces yang sama serta mengkontraskan beberapa font untuk menjaga desain tetap kohesif (padu). Typefaces adalah seperangkat jenis huruf atau fonts dalam keluarga besar tertentu seperti Arial dimana didalamnya terdapat Arial Regular, Arial Bold, Arial Italic, dan Arial Bold Italic.

Untuk memulai pembahasan mengenai jenis huruf atau fonts dalam desain web anda seharusnya telah mengerti terlebih dahulu tentang sedikit dasar-dasar tipografi secara umum. Perhatikan gambar berikut.

Sekilas tentang Typography
Sekilas tentang Typography

Seperti yang anda lihat ternyata fonts atau huruf tersebut memiliki bagian yang sangat banyak. Dengan mengerti rincian tiap-tiap bagian tersebut, akan membantu anda memilih jenis huruf yang tepat untuk desain web anda secara lebih efektif. Misalnya dengan memilih jenis huruf yang mempunyai x-height lebih besar akan meningkatkan readability pada desain web yang anda kerjakan.

Secara umum dalam mengerjakan desain web, ada dua jenis font utama atau huruf yang bisa kita pilih yaitu serif dan sans-serif. Jika anda mengerti bahasa Prancis maka serif adalah font yang memiliki serif sementara sans-serif, bearti tanpa serif. Nah sekarang apapula yang dimaksud dengan serif tersebut? Sebagian orang bilang serif adalah garis kaki yang terdapat pada fonts atau huruf, yang lainnya bilang ekor atau tail yang terdapat pada huruf. Beberapa jenis huruf yang populer di masing-masing kelas tersebut adalah: Times New Roman, Georgia, dan Century Gothic untuk font berjenis serif, sementara itu sans-serif font yang terkenal ada Arial, Helvetica, dan Verdana. Fonts diatas hanya sebagai perwakilan saja dari masing-masing kategori jenis font tersebut, yang sebenarnya ada ribuan fonts diluar sana. Sekarang tinggal tugas anda sebagai seorang desainer web untuk memilih jenis huruf atau font yang tepat sesuai dengan tema website yang diminta oleh klien anda, sehingga tercapai hasil desain yang benar-benar berkualitas dengan tidak melupakan readabilitynya.

Serif dan Sans-serif
Serif dan Sans-serif

Sebagai tambahan bagi anda disamping serif dan sans-serif ada juga jenis font yang lain seperti slab serif, cursive, handwriting, decorative dan typewriter. Secara umum orang-orang cenderung mengetahui bahwa teks yang diatur ke bentuk serif ternyata lebih mudah untuk dibaca terutama dalam media percetakan. Hal ini karena ekor kecil yang tidak terdapat pada pada fonts sans-serif membuatnya tampak lebih jelas. Meskipun demikian dalam dunia web sekarang ini, dikarenakan device yang ada sudah memiliki resolusi yang tinggi sehingga jenis fonts diatas, manapun yang anda ambil tidak terlalu bermasalah selama teks tersebut dapat dibaca dengan jelas. Secara pribadi saya menyarankan sedapat mungkin pilih body text website sans-serif atau serif dengan ukuran font yang cukup besar sehingga jelas untuk dibaca, dan sisakan yang lain seperti header(h1-h6) dengan jenis fonts selain sans-serif jika anda menginginkannya.

Additional Fonts
Additional Fonts

Hal lainnya yang perlu anda perhatikan dalam tipografi adalah leading. Leading mengacu pada spasi diantara baseline suatu teks dan baseline teks berikutnya. Dalam dunia web anda akan mengacu pada istilah line-height yang terdapat dalam css. Secara default line-height dalam css di set ke 120% dari ukuran huruf atau font size, namun anda tentu saja dapat menimpa settingan ini ke ukuran yang anda inginkan. Mengatur line-height sedemikian rupa bisa membantu menciptakan ruang yang lebih luas lagi dalam desain web anda.

Text Baseline
Text Baseline

Seperti yang telah dijelaskan ternyata banyak hal yang terjadi terhadap penggunaan font lebih dari sekedar memilihnya saja. Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan atribut yang dibawa oleh font, seperti style, ukuran, height, width, warna, dan leading. Pikirkan tentang harmoni dan jangan lupa font yang anda pilih harus dapat dibaca dengan jelas. Selain itu gunakan jenis huruf atau font di seluruh halaman web site secara konsisten, dua atau tiga font merupakan cara terbaik ketimbang terlalu banyak font, selain loading lebih lama juga inkonsisten.

Tinggalkan Komentar