Tonasi/ Value (Tone) Sebagai Elemen Desain

Color Value-Tone
Color Value-Tone

Value merupakan relatif terang atau gelapnya suatu warna dalam sebuah komposisi. Sebagai seorang desainer pemilihan value yang tepat juga akan membantu mengatur emosi dan makna seperti halnya kontras yang mengatur area terpenting dalam suatu desain yang anda kerjakan.

Beberapa warna kadang-kadang membuat kita mengasosiasikannya secara spontan dengan nilai positif atau negatif, bahkan tak jarang diasosiasikan dengan emosi tertentu. Contoh warna pastel, membuat kita bahagia, kelihatan lebih feminin. Warna muted melalui pemberian kontras, terasa seperti perasaan sedih atau mungkin maskulin dan cocok untuk untuk layanan jasa seperti bank dan legal Service.

Pastel Color
Pastel Color

Dalam web desain color value kita gunakan untuk mengatur kontras pada area yang ingin kita tonjolkan, sebagaimana halnya juga bisa digunakan untuk mengatur vocal point dalam komposisi desain. Sebagai contoh objek terang mana saja dalam sebuah komposisi dengan background gelap merupakan area dimana mata akan tertuju kepadanya ketika pertama kali melihat komposisi desain tersebut, demikian juga sebaliknya. Selain itu objek berwarna terang cerah juga merupakan arah mata tertuju kepadanya ketika disandingkan dengan background netral.

Muted Color
Muted Color

Kesimpulannya value yang anda pilih sama pentingnya dengan warna yang anda gunakan dalam desain termasuk desain web. Color value bisa mengatur mood, bisa membuat kontras, bisa menambahkan kedalaman (depth), bisa memberikan ilusi terhadap refleksi dan yang lebih penting lagi anda bisa menciptakan visual area yang perlu anda tonjolkan dalam karya web desain anda.

Tinggalkan Komentar