Jarak/Ruang Sebagai Elemen Desain

Elemen keenam dari desain adalah space atau ruang. Semua desain akan berhadapan dengan elemen space ini, baik bagi anda yang secara khusus mengalamatkannya atau pun tidak. Positif ataupun negatif space tercipta secara otomatis melalui pembuatan elemen tersebut dalam desain anda. Menerangkannya dengan kata-kata akan terasa lebih sulit, namun ketika anda melihat suatu desain web saya yakin anda akan bisa melihat tentang space elemen yang kami maksud.

Ketika berbicara mengenai space ini sebenarnya kita lebih membicarakan tentang whitespace dalam suatu desain web. Space mengacu kepada interval, area atau jarak yang terukur diantara semua objek atau item-item dalam sebuah desain. Ya, benar kita berbicara tentang space diantara apapun dalam desain dan mengakui bahwa space tersebut juga merupakan bagian dari desain yang anda kerjakan. Bahkan pada kenyataannya hal itu sangat penting untuk menjaga beberapa area dalam desain web anda tetap membiarkannya benar-benar kosong, dan anda harus menahan godaan untuk mengisi seluruh gap dengan ini itu. Kenapa anda harus melakukannya? Jawabannya sangat sederhana, dengan melakukannya mata orang yang melihat suatu desain tersebut punya tempat untuk istirahat diantara dan disekitar elemen. Singkat kata desain yang anda lakukan tidak menyakiti mata orang yang menikmatinya dengan berbagai macam pernak-pernik di sini dan disana. Selain itu space juga berguna bagi orang yang melihat desain agar mereka mampu membedakan mana elemen dari desain yang lebih penting dari elemen lainnya.

Dalam sebuah desain halaman web, kita sering menemukan space yang besar pada bagian headernya. Hal ini bertujuan agar mata orang yang melihatnya bisa mengidentifikasi dengan jelas mana logo, mana navigasinya, serta informasi penting lainnya yang biasanya terdapat pada header. Pada bagian content space juga berguna untuk menentukan jarang diantara thumbnail yang ada serta juga jarak antara bagian sidebar dan konten utama suatu website. Space juga berguna untuk menentukan jarak navigasi media sosial. Space dapat juga menentukan keseimbangan dan diferensiasi antara bagian header dengan konten, bagian konten dan footer. Space yang sangat luas pada bagian footer juga sangat berguna sehingga mata orang yang melihatnya bisa rileks ketika melihatnya.

Negative Space
Negative Space

Sebagai kesimpulan, jangan takut menggunakan banyak space dalam karya desain web anda, bahkan bila hal ini dilakukan dengan proporsional akan menghasilkan suatu harmoni desain yang indah berkualitas dan unik. Gunakanalah space untuk mendistribusikan elemen-elemen yang ada secara merata atau membuat variasi space untuk elemen tertentu dalam keseluruhan desain web anda. Bagaimanapun cara anda menggunakannya, gunakanlah selalu dengan cara yang seharusnya. Jadikanlah space sebagai elemen yang perlu anda pertimbangkan dalam desain anda. Perhatikan pula positif dan negatif space dalam layout anda apakah bekerja sesuai dengan yang anda harapkan atau tidak. Jangan takut dengan terlalu banyak space atau whitespace, karena dengan demikian anda memberikan mata orang yang melihat desain anda tempat untuk rileks serta mereka akan lebih mudah mengerti mana objek yang lebih penting dalam desain web anda.

Tinggalkan Komentar