Garis/Line Sebagai Elemen Desain

Elemen ketujuh dari desain adalah line. Dalam suatu desain, line dapat digunakan dalam berbagai macam cara, tidak hanya dipakai untuk menonjolkan shape dalam layout tapi dapat pula digunakan sebagai boundary yang membatasi objek dalam suatu halaman.

Di dalam dunia seni dan desain line mengacu kepada tanda yang jelas ataupun tersirat(samar) dari, path, massa, atau tepi (pinggir) yang menjelaskan posisi dan/atau arah dalam suatu desain. Line dapat anda buat dengan menggunakan pensil, pena, kuas, crayon atau alat penggambar apa saja dan termasuk pula digital tool yang bisa digunakan seperti photoshop dan illustrator.

Aneka Ragam Jenis Garis
Aneka Ragam Jenis Garis

Line atau garis yang anda buat tidak harus selalu lurus dan tipis. Line bisa saja tebal, solid, dashes, ada memarnya atau seperti tergores, curvy, panjang, pendek, kasar, halus dan lain-lain. Line dapat pula anda gunakan untuk memberikan titik vokal guna menonjolkan suatu objek dalam desain web anda, sehingga apabila mata melihat desain anda otomatis akan langsung tertuju pada objek yang dimaksud tersebut.

Sebagai contoh bagaimana didunia nyata web desain yang menggunakan line secara efektif adalah Lowdi.com yang saya kira bisa menginspirasi anda. Penggunaan yang tepat dari line, dimana anda menempatkannya akan menciptakan pembatas secara alami bagi setiap objek yang terdapat di dalam suatu desain, serta memungkinkan orang-orang yang melihat desain anda, akan dengan mudah mengidentifikasi area kunci dalam desain tersebut.

Tinggalkan Komentar