Form Sebagai Elemen Desain

Form merupakan suatu elemen yang sangat susah untuk dimengerti diawal. Mari kita mulai bahasannya dengan apa yang disebut dengan form dalam desain, sebelum kita menggunakannya untuk mendapatkan struktur yang padu atau kohesif dari layout desain web kita. Form dapat dijelaskan sebagai total massa keseluruhan shapes yang terdapat dalam suatu desain, serta relasi diantara mereka sebagai satu kesatuan. By the way, di sini kita akan merasakan peran ilmu fisika. Sedikit fisika tidak akan membunuh anda bukan? Massa dari suatu elemen desain anda akan diperhitungkan setelah anda menyelesaikan seluruh elemen desain yang lain.

Jadi suatu elemen akan sangat ditentukan oleh massa keseluruhan elemen dari desain tersebut agar terjadi keseimbangan dalam desain yang anda kerjakan. Ambil contoh anda bisa meletakkan logo ditengah atas halaman web desain, tetapi bagaimanakah hal ini akan terasa cocok atau tidak? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab jika anda telah menyelesaikan semua elemen lain pada layout desain web anda. Jika sudah anda lakukan maka anda dapat melihat dan mempertimbangakan group dari shapes secara keseluruhan sejauh mana keseimbangan massa keseluruhan elemen desain yang ada dalam desain tersebut dan itulah form tersebut.

Form yang baik kelihatan semua elemen apapun yang ada dapat dilihat keseimbangannya dan sangat cocok secara bersama-sama. Semua telah kelihatan rancak pada tempatnya, tidak ada yang keluar jalur. Salah satu trik yang sering digunakan oleh desainer web dalam menciptakan form yang sukses adalah dengan merencanakan desainnya pertama kali dalam bentuk hitam putih atau abu-abu seperti gambar berikut.

Form Layout yang baik dalam bentuk grey
Form Layout yang baik dalam bentuk grey

Hal ini hampir dapat dipastikan bahwa anda akan bisa menghasilkan desain yang baik pula ketika anda mulai siap untuk mewarnainya.

Form Layout yang baik dalam bentuk berwarna
Form Layout yang baik dalam bentuk berwarna

Tinggalkan Komentar